Viral ! Pria China Nekat Kabur ke Korea Selatan Naik Jet Ski

 







1Detik.Online-

Pria China ini melakukan aksi tak biasa dengan kabur dari negaranya menggunakan jet ski. Dia mengarungi lautan naik jet ski hingga sampai di Korea Selatan.

Pria berusia 30-an itu kini ditahan pihak Korea Selatan karena diduga memasuki Negeri Ginseng secara ilegal. Para aktivis mengatakan, pria ini merupakan pembangkang China terkemuka yang berniat kabur dari negaranya.

Dilansir, Jumat (25/8/2023) pria tersebut ditangkap pada 16 Agustus 2023 di dekat Incheon. Ia diduga melakukan perjalanan dari Provinsi Shandong yang terletak sekitar 400 kilometer melintasi Laut Kuning.

Dia menyeberangi laut dengan hanya berbekal helm, teropong, dan kompas. Pria ini juga membawa lima tangki bahan bakar yang masing-masing berisi 25 liter.

Setibanya di Korea Selatan, dia terjebak di pantai berlumpur. Ia pun terpaksa menghubungi saluran darurat untuk meminta bantuan.

Berawal dari situ, pria ini kemudian ditahan dan kasusnya dikirim ke jaksa Incheon pada Selasa. Sementara itu, pihak berwenang Korea Selatan belum mengungkapkan nama pria tersebut.

Akan tetapi, menurut Dialogue China, sebuah organisasi yang didirikan oleh aktivis veteran China yang bekerja sama dengan para pembangkang, mengatakan pria yang ditahan itu adalah aktivis China Kwon Pyong

Kwon merupakan lulusan Iowa State University di Amerika Serikat. Sebelum kembali ke China, ia telah lama mengkritik aturan otoriter dan sensor ketat pemerintah.

Dia berbicara menentang pelanggaran hak asasi manusia di media sosial. Dia juga berpartisipasi dalam protes pro-demokrasi Hong Kong tahun 2014 menurut organisasi hak asasi manusia Freedom House.

Yang terkenal, pada Agustus 2016 dia men-tweet foto dirinya mengenakan T-shirt yang dicetak dengan beberapa nama mengejek untuk pemimpin China Xi Jinping, termasuk "Xitler." Tweet tersebut tidak lagi tersedia.

Hanya sebulan kemudian, dia ditahan oleh polisi dan didakwa atas komentarnya di media sosial, dan pengacaranya dipecat oleh otoritas Tiongkok beberapa hari sebelum persidangannya dimulai, menurut Freedom House.

Pernyataan pengadilan China tahun 2020 merujuk pada kasus Kwon, mengatakan dia telah diadili di pengadilan dengan menghasut subversi kekuasaan negara

Lee Dae-seon, seorang aktivis yang bekerja dengan Dialogue China dan tinggal di Korea Selatan, mengatakan Kwon telah dijatuhi hukuman penjara dan dibebaskan pada Maret 2019. Keduanya telah berhubungan sejak Agustus 2019, dan Kwon mengungkapkan niatnya untuk mencari suaka di luar negeri. kata Lee.

"Kwon mengatakan kepada saya bahwa dia siap untuk meninggalkan China dan dia akan menuju ke Korea Selatan, tetapi saya tidak tahu bagaimana dia akan datang," kata Lee.

"Dia menelepon saya pada 16 Agustus segera setelah dia dibawa oleh penjaga pantai dan saya pergi menemuinya kemarin," kata Lee.

"Dia ingin pergi ke negara ketiga. Dia kuliah di Iowa State University jadi dia berbicara bahasa Inggris. Dia ingin pergi ke negara berbahasa Inggris," ujarnya.

"Itu adalah kesalahannya karena melanggar undang-undang imigrasi tetapi dia tidak punya pilihan selain melakukan tindakan putus asa karena penyelidikan politik pihak berwenang China, proses persidangan yang tidak adil, dan pengawasan," katanya.

China secara bertahap meningkatkan sensornya terhadap media sosial dan platform online lainnya dalam beberapa tahun terakhir di bawah pemerintahan Xi. Terpilihnya Xi untuk masa jabatan ketiga yang bersejarah, ditambah dengan kebijakan ketat nol-Covid dan lockdown yang ketat, memicu kemarahan publik dan protes massal yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tahun lalu.

Sumber:detik.com

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik