Presiden Jokowi Resmikan SPAM Regional Mebidang di Binjai








1Detik.Online

Presiden Jokowi meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Mebidang (Medan- Binjai-Deli Serdang), Sumatera Utara, Jumat (25/8/2023). Persemian ini ditandai dengan pemutaran tuas katup air yang dilakukan langsung oleh Jokowi.

"Pada hari ini telah selesai Sistem Penyediaan Air Minum di Medan- Binjai-Deli Serdang yang menelan anggaran Rp 948 miliar," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan pembangunan ini merupakan kerja sama antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota.

"Tanahnya tanah provinsi. Kerja sama yang seperti itu kalau kerja samanya baik, pembangunan juga akan berjalan dengan cepat," ucap Jokowi.

Jokowi mengatakan bahwa SPAM Regional Mebidang memiliki kapasitas 1.100 liter per detik. Dirinya menyebut akan ada 44 ribu jiwa yang bisa menikmati air tersebut.

"Saya minta kepada gubernur, bupati, dan wali kota agar menindaklanjuti sambungan sambungan ke rumah tangga karena menyangkut kurang lebih 88 ribu saluran rumah tangga yang bisa tersambung karena pembangunan SPAM ini, kalau di-jiwa-kan bisa 440 ribu jiwa, sangat besar sekali," cetusnya

Dirinya juga menekankan pentingnya ketersediaan air dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

"Saya bisa merasakan begitu pentingnya air setelah kemarin empat hari di Afrika. Kita ini sering tidak merasa betapa pentingnya air, karena kita tidak pernah merasa kekurangan air. Enggak pernah kekurangan air, jadi enggak pernah merasa betapa pentingnya itu air," katanya.

Jokowi dalam kesempatan itu juga meresmikan Jembatan Aek Tano Ponggol yang berada di Kabupaten Samosir. Jembatan ini dibangun dengan biaya Rp157 miliar.

"Ini panjang bentangannya 294 meter dan bentang utamanya 99 meter, dan lebarnya 8 meter," katanya.


Sumber : sumut.com

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik