Parah ! Air Sungai Padang di Tebing Tinggi Tercemar, Warna Menghitam dan Bau

 


TebingTinggi-1Detik.Online

Sungai Padang yang mengalir di Kota Tebingtinggi semakin tercemar.

Padahal air dari salah satu sungai strategis nasional itu menjadi sumber baku air minum yang banyak dikonsumsi warga di sana. 

Aliran Sungai Padang yang mengalir dari Simalungun hingga bermuara di Kabupaten Serdang Bedagai kondisi kian mengkhawatirkan. 

Pencemaran makin sering terjadi hingga warna air berubah dan mengeluarkan aroma kurang sedap. 

Sekretaris Forum Daerah Aliran Sungai Padang Ferry Jamnas mengatakan, pemandangan pencemaran air sungai Padang sudah kerap terjadi. 

"Kalau kejadian pencemaran Sungai Padang buka hanya sekali namun sudah sangat sering," kata Ferry kepada awak media, Selasa (20/6/2023). 

Tercemarnya air Sungai Padang juga terlihat sampai Rabu (21/6/2023)

Dari atas jembatan yang ada di jalan Profesor M Yamin, Kecamatan Rambutan, Kota Tebingtinggi terlihat air Sungai Padang yang biasa berwarna coklat menghitam dan mengeluarkan aroma tak sedap. 

Kemarau yang terjadi membuat air sungai tampak menyusut, ikan ikan pun tampak menyembul ke permukaan akibat air yang tercemar. 

Menurut Ferry kejadian perubahan warna Sungai Padang tidak lepas dari berdirinya pabrik-pabrik di bantaran sungai. 

Ferry mengatakan pada tahun 2018 akibat pencemaran limbah ribuan ikan di Sungai Padang  juga mati. 

"Jadi begini air yang melintas itu kan sudah mau ke hulu sungai sementara banyak pabrik-pabrik pantuan kita instalasi pengelolaan air limbah juga belum sesuai karena hampir semua mereka buang ke sungai. Dan itu sudah sering terjadi pada 2018 kemarin pernah ada sampai mati ribu ekor di sungai Padang," kata Ferry. 

Pencemaran air Sungai Padang kata Ferry diperparah dengan banyaknya aktivitas galian tak berizin yang beroperasi untuk keperluan pembangunan proyek jalan tol. 

"Di hulu banyak tambang tambang ilegal yang saya ini masih aktif hasil tambang itu masuk kawasan  ke proyek tol. Itu yang membuat dilema satu sisi pembangunan strategis nasional sisi lainnya membuat lingkungan jadi rusak," sambung Ferry. 


Sumber dari : Tribun-medan.com

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik