Usai Hujan Deras, 3 Rumah Tak Layak Huni Ambruk di Kota Bogor

 


1Detik - Sebanyak 3 unit rumah tidak layak huni (RTLH) di Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar) yang belum mendapat perbaikan ambruk usai terjadi hujan deras. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut.


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Theofilo Patricinio Freitas, menyebutkan 3 rumah ambruk terjadi di wilayah Loji Kecamatan Bogor Barat, Kedung Jaya Kecamatan Tanah Sareal, dan Kelurahan Katulampa Kecamatan Bogor Timur.

"Tiga titik rumah ambruk di Kecamatan Bogor Barat, Tanah Sareal, dan Bogor Timur. Tidak ada korban jiwa maupun luka," kata Theofilo dikonfirmasi, Jumat (3/3/2023).

"Rumah yang ambruk termasuk Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)," tambahnya.

Theo menjelaskan ketiga rumah ambruk disebabkan struktur bangunan yang sudah lapuk dan rapuh sehingga tidak kuat menahan beban ketika ditimpa hujan lebat pada Kamis (2/3) dini hari. Rumah yang ambruk merupakan rumah tidak layak huni yang belum mendapat perbaikan dari Pemerintah Kota Bogor.

"Kejadian pada Kamis dini hari dan beberapa kejadian di pagi harinya. Penyebab ambruk karena konstruksi rumah yang sudah rapuh dan tidak kuat menahan beban ketika ditimpa hujan lebat. Rumah juga masuk kategori rumah tidak layak huni," kata Theofilo.

Theofilo mengatakan dua unit rumah ambruk sudah tidak dapat dihuni kembali karena rusak berat dan perlu perbaikan serius. Ia menyarankan agar pihak terkait mengarahkan penghuni rumah ke lokasi hunian sementara (huntara) milik Kota Bogor.

"Pihak terdampak mohon ditindaklanjuti untuk mendapatkan Huntara milik Kota Bogor," sebut Theofilo.




Sumber: Detik.com

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik