Awalnya Cuma Benjolan di Kepala, Tak Menyangka Ternyata Kena Kanker Kulit

 


1Detik - Viral seorang ibu mengidap kanker kulit yang awalnya disangka kista. Wanita itu diketahui bernama Jo Lambert asal Oxfordshire. Ketika anaknya memainkan rambut Lambert, ia menemukan bintik merah datar di atas kulit kepalanya. Dikutip dari The Sun, ukuran bintik merah tersebut semakin membesar. Lambert pergi ke rumah sakit dan perawat meyakinkan itu adalah kista yang tidak dapat dihilangkan, tetapi 'tidak perlu dikhawatirkan.'


3 bulan kemudian, wanita yang kini berusia 43 tahun itu hamil. Ia kembali ke rumah sakit untuk menghilangkan benjolan itu, tetapi dengan kasar diberhentikan oleh perawat lain yang menganggap 'beruntung itu tidak ada di wajahnya.'

Lambert akhirnya mendapat rujukan yang diperlukan oleh dokter untuk menghilangkan kista tersebut. Namun, ia diberi tahu bahwa ia mengalami karsinoma sel basal, yaitu suatu bentuk kanker kulit. Kondisi ini terkonfirmasi ketika dia menerima hasil pemeriksaan pada minggu berikutnya.

Lambert tidak yakin penyebab kanker itu terjadi. Namun, dokter mengatakan hormon dalam tubuhnya selama kehamilan kemungkinan besar membuat benjolan itu membesar.

Pada 13 September 2017, ia menjalani operasi selama dua setengah jam untuk menghilangkan benjolan sebesar 15 cm tersebut. Kemudian, dokter melakukan cangkok kulit yang diambil dari lengannya.

"Mereka mengambil potongan dari kepala saya dan mencangkok kulit di atasnya. Saya benar-benar hancur secara emosional karena mereka mencukur rambut saya di bagian atas. Kepalaku, aku bahkan tidak ingin melihatnya," tuturnya.

Enam tahun pascaoperasi itu, Lambert tertarik meningkatkan kesadaran orang akan pentingnya memeriksakan benjolan. Ia mengatakan kita harus mencari pendapat dari tenaga medis lain jika tidak puas dengan tanggapan pertama yang didapat.

"Dia sangat kasar dan membuat saya merasa seperti saya sombong dan agak bodoh untuk bertanya," kenang Lambert terhadap perlakuan perawat kepadanya.

Karsinoma sel basal adalah salah satu jenis kanker kulit . Jenis kanker ini terjadi sebanyak 75 dari setiap 100 kasus kanker kulit. Karsinoma sel basal biasanya tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh. Kanker ini dimulai pada sel yang melapisi bagian bawah epidermis.

Gejala awal yaitu munculnya benjolan kecil berwarna merah muda mengkilap atau putih. Itu juga bisa terlihat seperti bercak merah bersisik. Benjolan perlahan membesar dan bisa menjadi berkerak, berdarah, atau berkembang menjadi bisul yang tidak nyeri.




Sumber: Detik.com

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik