26 Rumah Rusak Akibat Puting Beliung di Majalengka



1Detik - Puting beliung menerjang wilayah Kabupaten Majalengka. Musibah itu terjadi di Blok Padasuka, Desa Sukamulya, Kecamatan Kertajati, Majalengka, Senin (6/3/2023) sore

Kabar musibah tersebut sempat beredar di beberapa grup WhatsApp. Berdasarkan video yang dilihat detikJabar, pepohonan di area pemukiman warga tumbang akibat terjangan angin. Tak hanya itu, beberapa rumah warga juga mengalami kerusakan.

Menurut penuturan salah seorang warga, Ilham, musibah itu terjadi terjadi saat hujan deras mengguyur desa tersebut. "Awal kejadian pas hujan deras disertai angin sekitar jam lima. Terdengar suara angin seperti kapal gemuruh di depan rumah," kata Ilham dihubungi detikJabar.

"Pas keluar, ternyata pohon depan rumah tumbang. Angin berputar putar sekitar pemukiman. Warga pada ketakutan," tuturnya.

Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda BPBD Majalengka Rezza Permana membenarkan, musibah tersebut adalah angin puting beliung. "Betul, telah terjadi angin puting beliung di Desa Sukamulya, Kecamatan Kertajati," ujar Rezza saat dikonfirmasi.

Pihaknya kini telah melakukan assessment di lokasi bencana. Dari hasil assessment, pihaknya mencatat sekitar 26 rumah terdampak angin puting beliung.

"Menurut laporan awal, mengakibatkan 26 rumah mengalami kerusakan. Dengan tiga rumah rusak sedang dan 23 lainnya mengalami rusak ringan," jelas Rezza.

"Malam ini kami BPBD bersama tim gabungan, Polsek, Koramil, Satpol PP, aparat Kecamatan dan Desa sudah melakukan langkah-langkah awal. Yang pertama assessment yang malam ini dilaksanakan sambil menunggu perkembangan lebih lanjut," sambungnya.





Sumber: Detik.com

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik