PeduliLindungi Berubah Jadi SatuSehat, Mulai 1 Maret 2023

 


1Detik - Kementerian Kesehatan mengubah aplikasi PeduliLindungi menjadi SatuSehat per 1 Maret 2023. PeduliLindungi selama ini digunakan untuk melacak Covid-19.

"Besok 1 Maret 2023 (aplikasi PeduliLindungi berubah jadi SatuSehat)," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi kepada merdeka.com, Selasa (28/2).

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan, SatuSehat akan mempersingkat pelaporan kesehatan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan. Dari semula pelaporan kesehatan melalui 400 aplikasi, kini menjadi 8 aplikasi.

"Jadi di Puskesmas yang tadinya bikin laporan mengisi aplikasi segala macam itu semuanya ada 400 aplikasi, nanti dengan SatuSehat itu akan menjadi 8 aplikasi,” ujar jelas Dante, Kamis (23/2).

SatuSehat merupakan salah satu cara Kemenkes mengintegrasikan data rekam medis pasien di fasilitas kesehatan ke dalam satu platform Indonesia Health Services.

Platform ini merupakan perwujudan dari pilar keenam transformasi sistem kesehatan yaitu transformasi teknologi kesehatan.

SatuSehat diluncurkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada Selasa (26/7) di Jakarta. Budi berharap SatuSehat mendukung implementasi lima pilar transformasi sistem kesehatan.

Lima pilar tersebut adalah transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan dan transformasi SDM kesehatan.

“Dalam transformasi digital kesehatan ada 3 program yang akan kita lakukan, pertama integrasikan data, kedua rapihkan & sederhanakan aplikasi, ketiga bangun ekosistem inovasi. Program SatuData Kesehatan yang kita luncurkan hari ini akan mengintegrasikan data kesehatan dan menstandardisasi format dan protokol pertukaran data,” kata Budi.



Sumber: Merdeka.com

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik