Harga Minyak Goreng dan Cabai Merah di Medan Meroket

 

1Detik - Sejumlah harga pangan di awal tahun 2023 ini terpantau mengalami kenaikan di Kota Medan. Komoditas pangan yang tercatat mengalami kenaikan mulai dari cabai merah, cabai rawit, bawang hingga minyak goreng curah.

Adapun komoditas yang mengalami kenaikan cukup tajam selama sepekan ini yaitu cabai merah menyentuh harga Rp 50 ribuan.

Padahal sebelumnya, harga cabai merah berada pada tren penurunan meskipun hanya sesaat yakni sempat dibanderol Rp 25 ribuan hingga Rp 30 ribuan.

Menurut seorang pedagang besar (distributor) cabai di Pasar Lau Cih Kota Medan, Martinus mengatakan cabai merah telah mengalami kenaikan selama sepekan ini.

Disebutkannya, meskipun begitu, permintaan cabai merah tetap stabil untuk disalurkan ke tingkat produsen dan pengecer.

"Sejauh ini masih aman aja permintaan nya di Sumut. Tapi memang harga yang melonjak ini cukup bertahan lama juga kalau dibandingkan tren kenaikan sebelumnya," ucap Martinus kepada Tribun Medan, Sabtu (4/2/2023).

Ia menyebutkan ada setidaknya beberapa hal mendasar dan struktural terkait dengan kenaikan harga komoditas tersebut.

Mulai dari kenaikan biaya input produksi, ancaman penurunan produksi yang membuat harga komoditas seperti cabai merah akan mampu bertahan di harga tinggi untuk waktu yang lebih lama.

Dikatakannya juga, di Sumut saat ini khususnya di Kota Medan, pasokan cabai banyak ditopang dari luar Sumut diantaranya dari wilayah Aceh.

Ia mengatakan pasokan cabai dari wilayah Sumut baru akan terlihat pada Maret mendatang dan bukan jaminan juga saat nanti pasokan melimpah dari wilayah Sumut harga cabai bisa ditekan di bawah Rp 30 ribuan per kg.

Situasi saat ini sudah jauh berbeda setelah terjadi kenaikan biaya input produksi yang sangat tajam.

Berdasarkan hasil pemantauan Tribun Medan dari  Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), harga cabai menyentuh harga diantara Rp 45 ribu hingga Rp 53 ribu per kilogram.

Dan untuk harga minyak goreng curah, sejak beberapa pekan kemarin sudah mengalami kenaikan. Dari yang sebelumnya harga minyak goreng curah mampu dijual dikisaran Rp 12.500 per kg di kota Medan.

Saat ini dibanderol dikisaran harga Rp 15.000 - Rp 16.000 per kg nya, sementara untuk minyak goreng jenis kemasan dibanderol dengan harga yang bervariasi.






0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik