Duka Presiden Rusia Untuk Korban Gempa Turki, Kirim Tim Penyelamat Dan Pesawat Rusia

 


1Detik - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin (6/2/2023) waktu setempat, menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Turki

Recep Tayyip Erdogan setelah gempa bumi dahsyat mengguncang selatan Turki.

Dalam percakapan via telepon dengan Erdogan, Putin menyampaikan simpatinya atas banyaknya jumlah korban jiwa dan dia juga mengharapkan kesembuhan segera bagi korban luka-luka, kata Direktorat Komunikasi Turki dalam sebuah pernyataan.

“Selama percakapan, Presiden Rusia Putin juga memberikan informasi tentang dukungan Rusia terhadap Turki dalam pencarian dan penyelamatan serta bantuan bencana,” tambah pernyataan itu sebagaimana disitat dari kantor berita Anadolu, Selasa (7/2/2023).

Sedikitnya 1.498 orang tewas dan 8.533 lainnya mengalami luka-luka di 10 provinsi setelah dua gempa kuat menggunGempa berkekuatan 7,7 terjadi di distrik Pazarcik, provinsi Kahramanmaras pada Senin dini hari, dan memberikan dampak kerusakan besar di beberapa provinsi lain, seperti Gaziantep, Sanliurfa, Diyarbakir, Adana, Adiyaman, Malatya, Osmaniye, Hatay, dan Kilis.

Gempa bumi berkekuatan 7,6 kembali mengguncang Kahramanmaras pada pukul 13.24 siang (10.24GMT), yang kali ini terjadi di distrik Elbistan, Kahramanmaras.cang wilayah selatan Turki.

Rusia Kirim Tim Penyelamat Dan Pesawat

Rusia sendiri menyatakan, akan mengirim tim yang terdiri dari 100 personel pencarian dan penyelamatan ke Turki dengan dua pesawat Il-76 untuk membantu proses evakuasi para korban setelah gempa dahsyat pada Senin pagi.

“Rusia selalu siap membantu negara sahabat yang warganya berada dalam situasi sulit,” ujar Menteri Situasi Darurat Alexander Kurenkov dalam sebuah pernyataan.

“Tim penyelamat kami memiliki semua pengetahuan dan peralatan yang diperlukan,” tambah dia. (Sumber: Anadolu)



Sumber: Suara.com


0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik