Cuaca Buruk Selama 2 Pekan, Harga Ikan Melambung Imbas



1Detik - Hujan lebat yang terjadi terus menerus selama 2 pekan terakhir di Perairan Utara Probolinggo hingga di perairan luar pulau Madura berimbas pada hasil tangkapan nelayan yang terus berkurang. Akibatnya harga ikan terus melambung.

Pantauan detikJatim di salah satu pasar, yakni di Pasar Ikan Mayangan, Kota Probolinggo baik pengunjung maupun pedagang tidak seramai 2 pekan yang lalu. Pada Jumat siang, bedak-bedak di pasar banyak yang kosong.

Pada setiap bedak yang kosong itu tersisa hanya timbangan yang sengaja ditinggalkan. Sepinya hasil tangkapan ditambah sepinya pembeli akibat mahalnya harga ikan membuat banyak pedagang memilih tidak berjualan.

Ya, belakangan harga ikan melambung. Lonjakan harga yang paling terasa yakni ikan kerapu, kakap, dorang, hingga Tenggiri. Karena untuk menangkap ikan-ikan di atas, nelayan harus mencari di perairan dengan kedalaman mencapai lebih dari 50 meter.

Catatan detikJatim di Pasar Ikan Mayangan, ikan dorang harganya mencapai Rp 60 ribu per kg. Sebelumnya di kisaran Rp 40 ribu hingga Rp 50 ribu per kg. Sedangkan ikan kakap dan kerapu harganya tembus Rp 70 ribu per kg, sedangkan tenggiri bahkan mencapai Rp 120.000 per kg. Rata-rata kenaikan harga ikan itu di antara Rp 3 ribu hingg Rp 20 ribu per kg.

Toni Iskandar, pedagang ikan di Pasar Ikan Mayangan menyebutkan kenaikan harga ikan itu karena selama cuaca buruk di Probolinggo para nelayan hanya mencari ikan di sekitar Perairan Utara Probolinggo atau di bawah 10 mill laut.

"Harga ikan laut naik, karena ada cuaca ekstrem. Banyak nelayan takut melaut, membuat harga ikan laut naik, kisaran naiknya harga mulai dari Rp 3 ribu hingga Rp 20 ribu per kg," kata Toni.

Sementara pedagang lainnya Hj Ririn menyebutkan bahwa saat ini nelayan hanya menangkap sejumlah jenis ikan seperti tongkol, ikan mangla, dan ikan bandeng.

"Kalau kemarin-kemarin ikan tidak ada karena cuaca ekstrem, tapi 2 hari ini sudah mulai ada ikan karena ada nelayan melaut yang dapat tangkapan ikan. Memang ada kenaikan seperti ikan kakap harga Rp 70.000 per kilo, ikan dorang Rp 60.000 per kilo. Biasanya dorang hanya Rp 40 ribu per kilo, itu yang paling tinggi. Ikan Tenggiri sekarang Rp 120 ribu per kilo, biasanya Rp 80 ribu per kilo," tegas Hj Ririn.

Pasar ikan terbesar di Kota Probolinggo itu memang menyediakan berbagai jenis ikan segar. Pembelinya tidak hanya seputar warga Probolinggo Raya saja, tetapi juga dari luar kota. Bahkan tidak sedikit tengkulak yang berasal dari luar kota membeli ikan di pasar ini.






Sumber: Detik.com

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik