Amarah Anak Buah Megawati Saat Melihat Rumah Singgah Bung Karno Dihancurkan

 


1Detik - Ketua Fraksi PDIP DPR RI, Utut Adianto berang melihat rumah singgah Bung Karno yang ada di Padang, Sumatera Barat, dihancurkan. Utut pun akan melaporkan hal ini ke Megawati Soekarno Putri, putri Bung Karno.


Utut melihat langsung kondisi rumah yang sudah menjadi cagar budaya itu. Dia pun berjanji akan membahas hal tersebut ke Kementerian terkait.

"Saya harus melapor. Tentu dengan data dan fakta yang saya dapat dari kunjungan ini, saya sudah sampai lokasi ini," kata Utut di Padang, Selasa (21/2/2023).

Saat melihat rumah singgah Bung Karno itu, Utut didampingi Ketua PDIP Sumatera Barat, Alex Indra Lukman; Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, Yopi Krislova dan pemilik lahan Soehinto Sadikin.


Ia menyayangkan tidak ada perhatian selama ini terhadap bangunan tersebut. "Sekarang faktanya sudah rata dengan tanah. Waktu masih ada, juga tidak ada yang memperhatikan," katanya.

"Kalau dikatakan cagar budaya ada tiga hal. Punya nilai kesejarahan, punya nilai otomatis pendapatan PAD dan layak dipertahankan untuk dapat dipertontonkan ke publik. Kalau sudah situs sudah dinyatakan cagar budaya, harusnya ada insentif untuk menjaganya," tambah dia.

Wakil Sekjen PDIP itu menyebut akan bertemu dengan Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim dan Menparekraf Sandiaga Uno terkait persoalan ini.

"Nanti saya kembali ke Jakarta tentu akan kami diskusikan dengan suadara Mendikbud. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kalau mau dibangun lagi kan harus ada insentif kepada pemiilik. Apa (ini) nanti bisa menjadi situs destinasi wisata tambahan. Teman-teman DPRD kota Padang bisa membantu kami untuk sejarah apa yang paling pantas ditonjolkan. Ini bisa menambah satu situs wisata berbasis sejarah," tambah Utut.

Rumah yang memicu protes itu berada di Jalan Ahmad Yani No.12, Kelurahan Padang Pasir, Kota Padang Sumatera Barat. Lokasinya persis di depan rumah dinas Wali Kota Padang. Rumah yang pernah menjadi posko pemenangan calon gubernur dan calon wali kota ini diketahui adalah rumah yang pernah menjadi tempat tinggal sementara (rumah singgah) Bung Karno.




Sumber: Detik.com

0 Komentar

Lowongan Wartawan oleh Media 1detik